Recent Post


networking bag.1

Gambar Topologi bus Gambar topologi bus Topologi ini awalnya menggunakan kable Coaxial sebagai media pengantar data dan informasi. Tapi pada saat ini topologi ini di dalam membangun jaringan komputer dengan menggunakan kabal serat optik ( fiber optic) akan tetapi digabungkan dengan topologi jaringan yang lain untuk memaksimalkan performanya. sambungan jaringan komputer di PC di temukan oleh DR.robert M metcalfe pada tahun 1976 di beri nama ethernet. Sedangkan komputer yang terhubung dengan komputer lain dalam satu ruangan di sebut LAN.
Wide Area Network (WAN)
Wide Area Network (WAN), jangkauannya mencakup daerah geografis yang luas, seringkali mencakup sebuah negara bahkan benua. WAN terdiri dari kumpulan mesin-mesin yang bertujuan untuk menjalankan program-program (aplikasi) pemakai.Sedangkan khusus
utuk kota kota besar,
disebut dengan MAN(Mertropolitan area network)

Dalam perkembangannya, untuk menyambung komputer, biasanya menggunakan hub,
gambarnya kaya gini

HUB.
HUB bekerja dengan metode boardcast, sehingga semua port yang ada akan dikirim sinyalnya.
dengan metode boardcast, sering terjadi tabrakan (domain cillision) yang akhirnya akan memperlambat akses jaringan. selain lambat karena terjadinya domain collisiaon, HUB juga akan membagi bandwidth keseluruhan dalam jumlah port.







0 Comments: